Egie'sWorlD

You Make Me Perfect

Bersepeda

Di jalan yg landai dan agak curam itu gw pacu sepeda gw dengan cepat. Membonceng dua orang teman, satu di depan duduk di atas setang, dan satu lagi di belakang berdiri pada ‘jalu’ atau footstep yg terpasang di sisi kiri dan kanan sepeda. Jalan itu beraspal dan sedikit rusak dengan kerikil dan bongkah-bongkah aspal sekepal tangan bayi berserakan di atas jalan. Meski pandangan gw agak terhalang teman yg duduk di depan, gw kayuh pedal sepeda BMX dengan kuat. Dalam kecepatan penuh gw meliuk2 menghindari batu-batu yg berserak. Persis di depan tempat sampah, masih di jalan landai, keseimbangan gw hilang karena melindas batu yg lumayan besar…..“Gubraakkkk…….”
Bertiga gw terpental, terjengkang dan tersuruk di jalan aspal yg panas dan keras. Untung dari arah belakang ga ada kendaraan lain yg melintas… Bertiga gw teriak mengaduh.. Sikut gw sebelah kanan bagian dalam berdarah. Dengkul lecet-lecet karena tergesek dengan aspal. Sementara dua orng teman gw Degol dan Kepret, ga apa2 cuma nyeri pada anggota tubuh akibat benturan..
“Sial!….” Umpat gw dalam hati. Bertiga kami pun menepi dan meminggirkan badan serta sepeda. Sempat mo nangis menahan rasa nyeri dan perih akibat luka namun saat ngeliat muka temen yg pucat dan berkeringat jagung karena syok, gw sontak tertawa ngakak, Dan bertiga kami pun akhirnya tertawa- terbahak bahak……”

Itulah sepenggal kenangan gw 25tahunan yg silam bersama teman teman saat bermain sepeda. Saat diingat- ingat, betapa seru dan cerianya pengalaman itu. Dan bila gw liat luka yg membekas di tangan serta dengkul gw kisah itu kembali muncul dalam ingatan gw. 🙂

Namun gw juga masih banyak menyimpan kenangan tentang sepeda. Saat masih diawal-awal Sekolah Menengah Pertama, gw, bareng beberapa orang teman pernah ke Bogor. Tanpa perbekalan yg banyak dan modal uang seadanya kami mengayuh sepeda dari Jakarta Timur hingga ke Kebun Raya Bogor. Seinget gw gw berangkat lebih dari lima orang. Berangkat berangkat sekitar jam 7 pagi.. Kami Susuri jalan raya dan jalan pintas. Betapa menyenangkan. Sesekali gua ma teman2 balapan, uji kekuatan paha dan betis.. Tertawa dan bercanda. Tak gw perdulikan kendaraan truk, angkot dan motor yg melewati kami.. Kami begitu menikmati perjalanan ini. Lelah, memang. Tapi disitulah petualangannya.. Dibawah terik matahari dan bertabur abu jalan serta kepulan asap kendaraan, kami Berkeringat-keringat menuju Bogor. Kami sudah lupa segalanya. lupa siapa Presiden saat itu, siapa Menteri, Siapa anggota DPR dan bahkan kami lupa siapa kami sebenarnya. Kami hanyalah sekumpulan bocah-bocah yg mengayuh sepeda menuju Bogor. Kami hanyalah bocah-bocah yg menikmati dunianya sendiri.. Dan sebagai catatan pribadi, itulah kali pertama gw pergi keluar kota tanpa orang Tua.
Sementara di rumah, Orang tua pasti merasa cemas, khawatir atau bahkan resah. Tapi kami tak memperdulikannya. Kami hanya mengayuh dan terus mengayuh..

Setiba di Kebun Raya, semua lelah, keringat dan haus kami, musnah terguyur asrinya dan hijaunya pemandangan di dalam Kebun Raya Bogor. Kami puaskan mata dengan berkeliling area Taman.. Hmmm… Dan ga lupa, cari-cari kesempatan godain cewe, padahal saat itu pakaian kami sudah kumel, kucel dan bau.. Tapi itulah kami, perduli setan!.. Hahahaa..

Setelah dari Bogor kami pulang dan sampai di rumah ba’da Isya, dapat gw lihat tatapan mata bokap yg menyiratkan amarah karena saat gw pergi bilangnya cuma muter-muter seputaran rumah. Tapi gw juga melihat di matanya bahwa dia senang anaknya pulang selamat dan anaknya bisa jaga diri. Itu terbukti dengan tidak adanya kalimat-kalimat kasar yg keluar dari bibirnya. Hanya bertanya: “kemana?, kenapa ga pamitan?” Ya, itu aja.

Sekarang, sudah sekian tahun tak bersepeda, dan saat gw memiliki sebuah sepeda beberapa bulan yg lalu, sensasi itu masih gw rasakan.. Ya, sensasi rasa bebas, damai, tenang dan ceria masih gua rasakan dan itu seperti gelombang air laut yang sedang pasang saat pantat ini duduk diatas sadel dan saat kaki ini mengayuh pedal.

Sepeda yg gw miliki saat ini sangatlah sederhana. Gw beli dari temennya eddie ska (@eddieska). Harganya, yaaaa, dibawah satu juta, lah. Tapi ga masalah. Berwarna orange dan lawas. Gw kurang tau sepeda gw keluaran taun brapa tp yg penting gw senang bisa mengayuh.. Tipenya apa, pun gw ga tau.. Mungkin road bike. Entahlah! Bagi gw, sepeda merupakan kendaraan unik, energik dan seksi.. Apapun itu tipe dan bentuknya. Plus, murah meriah dan ramah lingkungan 🙂
Mainan Roda dua impian setiap anak kecil yg merasa sudah bisa berlari kencang dan ingin lebih kencang lagi..

Setiap hari minggu pagi hingga siang, gw rutin bareng temen-temen ikut menghadiri acara Car Free Day.. Hari Bebas Kendaraan bermotor. Selain bisa olahraga sekalian juga cuci mata..
hehehee.. Ternyata benar, bersepeda bukan hanya membuat badan kita sehat tapi kita juga dapat melihat pemandangan sehat.

Eh ya,… Minggu lalu, tanggal 19 Juli, dalam rangka Ultah Jakarta yg ke 484 ini gw merasa bersyukur karena PEMDA Jakarta membuat kebijakan yg memihak para pengayuh sepeda yaitu CFD (Car Free Day) atau hari bebas kendaraan dilaksanakan setiap hari minggu yg awalnya diselenggarakan dua minggu sekali. Di hari tersebut merupakan surga pesepeda tuk menyalurkan hobinya dengan muter-muter atau berolahraga diseputaran Thamrin-Sudirman.. Ini merupakan Kado Istimewa dari Kota Jakarta untuk penduduknya… Bagi gw, ini merupakan momen untuk memanjakan kembali sifat kekanak-kanakan gw. Harapan gw kedepan sich, CFD bisa terlaksana bukan hanya di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman, tapi jalan-jalan besar lainnya juga agar Jakarta dapat bernafas lebih lega….dan udara tetap bersih. Atau bila mungkin, Pemerintah bisa menetapkan suatu wilayah atau jalan yg benar-benar bebas dari kendaraan bermotor..

~~
You say black I say white
You say bark I say bite
You say shark I say hey man
Jaws was never my scene
And I don’t like Star Wars
You say Rolls I say Royce
You say God give me a choice
You say Lord I say Christ
I don’t believe in Peter Pan
Frankenstein or Superman
All I wanna do is

Bicycle bicycle bicycle
I want to ride my bicycle bicycle bicycle
I want to ride my bicycle
I want to ride my bike
I want to ride my bicycle
I want to ride my

Queen~ Bicycle race

Posted with WordPress for BlackBerry.

follow me on twitter :@egie_lho
ill follow you back. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: