Egie'sWorlD

You Make Me Perfect

Kata-Kata Kotor: Sebuah Perspektif.

Gw diprotes sama teman gw gara-gara sering ngucap kata kontol, ngentot, itil, jembut, memek dan kata2 yg berkonotasi kotor lainnya di twitter..Kata kawan gw itu, ga seharusnya gw ngetwit kata2 seperti itu. Ga Pantas dan berkesan seperti orang yg ga Berpendidikan..
Masih kata kawan gw, kita ini tinggal di negara yg masih menjunjung tinggi sopan santun. masih ada norma etis atau etiket-etiket yg musti kita hormati.. Kata-kata yg sering gw twit itu menandakan kl gw ‘kasar’ ‘arogan’ dan ‘tidak berpendidikan’..
Well, dia benar.. Tp ga sepenuhnya.
Gw menyadari bahwa memang kata-kata gw kasar, ga berkelas, ga beretiket, dan seperti orng yg ga sekolah.
Namun gw hanya ingin bersikap jujur dan mencoba tuk memandang sesuatu itu dengan pikiran yg terbuka (bukankah orang2 yg berpendidikan pikirannya terbuka? :))
Gw merasa bahwa kita hidup dalam kemunafikan.. Kita menutupi apa2 yg memang tak perlu ditutup-tutupi dengan kerudung kesopanan..
Kita mencoba bersikap manis di depan orang-orang hanya agar kita terlihat manis dan diterima oleh masyarakat. Kita ingin terlihat ‘nice guy’, kita ingin terlihat berwibawa, berkelas dan macam2 seperti yg masyarakat mau.. Ada topeng yg sengaja kita pasang pada wajah kita. Topeng-topeng yg memang dimaui masyarakat.

Hidup kita dikerangkeng oleh keinginan-keinginan masyarakat. Kita terbelenggu oleh apa2 yg dinamakan norma sosial, norma masyarakat, norma aturan2 yg mungkin sudah tua dan tidak relevan lagi di jaman seperti ini. Ada sensor-sensor sosial dalam hidup yg berlaku yg gw rasa itu sudah usang!

Di twitter gw ingin mendobrak semua itu. Gw ingin jadi orang yg gamblang, ceplas-ceplos dan blak-blakkan.. Mungkin terdengar agak radikal. Tapi itu memang yg sedang gw jalani. Gw ingin bersikap jujur.

Dalam norma sosial, kata-kata seperti kontol, peler, jembut dan lain2 itu merupakan kata-kata kotor. Kata-kata yg tak pantas diucapkan..
Kalau kita mau jujur,.. Nama2 tersebut ada di KBBI. Tp sekali lagi kita terhalang oleh apa yg kita sebut norma sosial…

Dalam KBBI, disebutkan memek itu “merengek rengek, merepet” dan bagi Masyarakat Bali, kata memek berarti ‘Ibu’

Sebagian orang ada yg tersinggung mendengar kata memek. Karena kata memek merujuk kepada kelamin perempuan. Tapi apa orang Bali ga lebih tersinggung jika kata memek dianggap kotor? Orang Bali mengenal kata memek itu dengan artian ‘Ibu’..

Nah lohhh!!! Jadi siapa biang kerok yg menganggap kalau memek adalah kelamin perempuan?

Intinya, Sebelum kita menghakimi dan mengimani sesuatu itu baik atau buruk, baiknya kita timang dahulu semua itu.. Karena apa2 yg kita anggap buruk, kasar, kotor, dan ga beretiket belum tentu bagi orang lain atau budaya lain..

Dan ucapan2 kasar itu merupakan bentuk ekspresi yg gw kemukakan.. Bagi gw, biarlah dianggap tak bependidikan, biarlah dianggap ga sopan dan norak atau pinggiran. Tak apa! Toh yg Korupsi di negara ini bukan tipe orang2 yg suka ceplas ceplos, tapi orang yg bertitel tinggi. Orang yg dengan mudahnya memainkan hukum sebagai alat jualan itu bukan orang-orang yg suka ngomong kasar dan jorok, justru mereka2 yg memiliki jabatan suci (Hakim, Jaksa, Polisi)..
Yg terpenting bagi gw adalah ga perlu lagi ada kemunafikan lagi dalam bersikap…

3 responses to “Kata-Kata Kotor: Sebuah Perspektif.

  1. Evi tania 17 July 2011 at 06:25

    Q gk suka km ngmg it meski begitu q sbgi pmbc tersinggung.

  2. EugeneWorld 17 July 2011 at 06:47

    hehee.. terima kasih atas komentnya. tapi kalo boleh tau, apa alasannya?

  3. jontor 7 August 2011 at 01:17

    Coba lu bayangin anak lu di depan kelas dan di depan forum orang tua murid dia ngomong kotor, sbg org tuanya lu bangga apa malu?
    Lagi, ibarat ngomong kotor adalah buka baju didepan umum (skolah ga pake baju, kerja ga pake baju). Lu menganggap norma sosial udah usang, ya udah coba aja lu skolah dan kerja ga usah pake baju… Coba bayangin. Kecuali lu udah ga waras, ya gw maklum klo lu mikirnya gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: