Egie'sWorlD

You Make Me Perfect

PUASA-PUASA KOQ NGEROKOK.. Batal ga ya?

Ga berasa sekarang dah lewati hari ketiga bulan puasa. Alhamdulillah lancar2 aja puasa gw hari ini.. Tapi puasa hari ketiga gw ini agak sedikit beda.. Puasa2 Gw merokok.. Hehhehhe… Batal ga ya puasa gw? Allohualam..Jd kenapa gw melakukan itu..
Dasarnya begini:
Ada kaidah yg mengatakan bahwa yg membatalkan puasa itu adalah “ushul al-‘ain ila al-jauf” (masuknya ‘benda’ ke dlm ‘lubang’)..
Di dalam buku Busyra al-Karim (mazhab Syafi’i), yg dimaksud benda ialah: padat & cair. Gas bukan termasuk benda.. Jadi, karena asap rokok berbentuk gas dan bukan ‘benda’ maka rokok dinilai tidak membatalkan puasa.
Sebagian ulama kontemporer menganalogikan bahwa asap rokok dengan asap yg lainnya, yg jika dihisap tidak membatalkan puasa. Menurut Fadhlullah, yg dilarang orang berpuasa itu adalah makan- minum dan sejenisnya, sementara, rokok (asap) tidak termasuk kategori tersebut. Yg menfatwakan merokok tidak membatalkan puasa bukan hanya Ulama Syiah Lebanon. Ulama Sunni Mesir dan malaysia juga.. Terdengar ekstrim ya? Hehhe.. Kita harus ingat, bahwa fatwa tidak mengikat. Itu opsi..dan fatwa tentang merokok itu hasil ijtihad (improvisasi).. Kalaupun salah, masih ada pahalanya
Memang, ada sebagian Ulama (Syiah) memfatwakan bahwa merokok itu haram karena faktor kesehatan (Sayyid Muhammad Hussain Fadhlullah, Ulama Syiah Lebanon).. Timbul pertanyaan, apakah yg haram itu dapat membatalkan puasa?
Hehhehe…

Posted with WordPress for BlackBerry.

follow me on twitter :@egie_lho
ill follow you back. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: